Berjuang Menuju Masa Depan

Mulja Ramadhan

Rabu, 13 November 2013

8 Alasan Mengapa Anda Betah di Warung Kopi Aceh


Dhapu Kupi
Dhapu Kupi Banda Aceh
Berbicara masalah kopi, tentu tidaklah habis-habisnya pada masyarakat Aceh. Ini terjadi karena ngopi sudah menjadi budaya yang telah diwariskan oleh para endatu sebelumnya. Sehingga wajar saja apabila warung kopi telah ada di seluruh penjuru Aceh sejak dulu hingga sekarang. Bahkan mulai dari yang tradisional, sampai yang modern sekalipun semuanya lengkap tersedia di Aceh.
Dibalik julukan Negeri 1001 Warung Kopi ini, sebenarnya ada sebuah suasana berbeda yang akan kita rasakan ketika kita mulai memasuki warung kopi baik laki-laki maupun perempuan sehingga membuat kita nyaman untuk duduk berlama-lama disana. Berikut  8 alasan mengapa Anda betah di Warung Kopi Aceh:
1.      Citra Rasa Kopi yang Men-dunia
kopi
Aceh memproduksi kopi sendiri, baik Arabica maupun Robusta yang telah lama di kenal dunia. Kopi yang umumnya berasal dari Dataran tinggi Gayo ini, mampu menyihir lidah penikmat sehingga membuatnya sangat digemari oleh semua kalangan. Dengan menikmati secangkir Kupi Pancong saja, sudah cukup memanjakan lidah anda untuk menikmati surganya dunia.
2.      Hot Discussion
Camera 360
Menjadikan warung kopi sebagai tempat diskusi dianggap suatu yang pantas bagi kalangan masyarakat. Berinteraksi dengan teman sampai berbicara masalah kekinian dari Aceh dimulai isu sosial, lingkungan, politik, kampus sampai pekerjaan menjadikan waktu terasa sangat singkat. Bahkan banyak warung kopi modern di Aceh saat ini menyediakan sebuah  meeting room yang dilengkapi dengan peralatan yang sempurna untuk para konsumennya sehingga seolah-olah kita merasakan suasana kantor/kampus yang baru.
3.      Internet Acces
Online di Warung Kopi
Dengan bermodalkan sebuah laptop ataupun gadget lainnya, Anda sudah bisa mengeliling dunia dengan fasilitas WiFi yang ditawarkan di setiap warung kopi di Aceh. Tidak hanya sebuah 1 Access Point yang disediakan, tapi lebih dari itu untuk memudahkan kita membuka laman demi laman internet (situs) yang kita anggap mampu mengusir kejenuhan. Mengerjakan tugas kantor ataupun kampus dapat kita lakukan dengan fasilitas ini walaupun nantinya Facebook, Twitter dan Blog menjadi situs yang paling sering kita akses. Silakan download apa saja yang Anda inginkan, selama tidak ada edaran “Dilarang Download” :
4.      LCD TV dan Projector
Warung Kopi Projector
Jangan heran jika di setiap sudut warung kopi di Aceh terpasang LCD TV dan Projector, ini merupakan fasilitas yang disediakan untuk mempersembahkan pelayanan yang sempurna untuk konsumennya. Dimulai dari sinetron, drama laga dan kisah percintaan disuguhkan kepada Anda. Bahkan warung kopi telah dijadikan basecamp untuk para penggila bola untuk menonton club kesayangannya bertanding bersama rekan-rekan yang lainnya. Jangan sungkan-sungkan untuk meminta remote kepada pelayan warung kopi J
5.      Karaoke Room
Karaoke Room
Melepaskan penat akibat kesibukan yang begitu padat dengan bernyanyi-nyanyi bersama teman yang lainnya patut Anda coba. Saat ini banyak warung kopi di Aceh yang telah menawarkan fasilitas paket karaoke hemat di tempatnya agar mampu memuaskan Anda.
6.      Live Concert
Konser GMA di Haba Kupi
Tidak perlu ragu untuk menghabiskan akhir pekan di warung kopi. Karena setiap akhir pekan biasanya beberapa warung kopi modern di Aceh akan memberikan konser music gratis dengan menghadirkan penyanyi-penyanyi dan band-band lokal maupun nasional. Warung kopi juga saat ini sering dijadikan tempat event-event istimewa perhelatan acara anak kampus maupun komunitas So, Jangan sampai kehabisan tempat ya rakan J
7.      Suguhan Masakan dan Makanan Lokal
Mie Aceh
Siapa yang tidak mengenal Mie Aceh? Masakan lokal ini tersedia di seluruh warung kopi yang ada di Aceh.  Dengan kisaran harga mulai dari Rp. 5.000 sampai dengan Rp. 20.000 sudah mampu menggoyang lidah Anda. Selain itu Anda juga wajib menikmati Pulot, Timphan, Leugok dan makanan tradisional lainnya yang tersedia jika berkunjung ke warung kopi.
8.      Tidak Ada Tujuan Lain
Perempuan Aceh sedang berada di Warung Kopi
Warung kopi menampung seluruh kalangan masyarakat yang tidak mempunyai agenda kemana. Menghilangkan kesuntukan di rumah dengan sekedar “cuci mata” dan merasakan suasana bahagia ketika tiba di warung kopi. Poin ini merupakan alasan terbesar mengapa masyarakat betah berlama-lama di warung kopi. Apalagi dengan masyarakat Aceh yang mempunyai karakter suka nongkrong.
Untuk memilih warung kopi yang tepat sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Ada yang suka memilih di warung kopi yang sedikit tenang, ataupun di tempat yang penuh keramaian. Yang pasti akan membuat Anda betah untuk berlama-lama di warung kopi.
Nah, untuk masalah waktu. Beberapa warung kopi di Aceh biasanya buka mulai pukul 06.00 WIB tutup pada pukul 24.00 WIB. Namun ada juga yang tidak pernah tutup, alias buka 24 jam setiap harinya. Tapi berhati-hatilah bagi perempuan agar tidak terlalu larut di warung kopi. Karena itu tidak baik dan bertentangan dengan adat-istiadat yang telah lama dianut oleh masyarakat Aceh.
Yuk, ke warung kopi. Nikmati Aceh yang sesungguhnya :)

0 komentar:

Posting Komentar